Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

GUBUG PENDIDIKAN GUNUNG KUNCI JABUNG

Malang - Dusun Gunung Kunci, Jabung Kab. Malang. Salah satu tempat inspirasi berdirinya komunitas peduli pendidikan masyarakat desa. Fachrul Alamsyah (35) atau kerap disapa Pak Irul, seorang guru kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Marhamah (setara Sekolah Dasar) yang terletak di Dusun Gunung Kunci, Jabung  tergerak hatinya ketika melihat kondisi pendidikan di desanya tersebut. Terdapat anak-anak buta aksara, bahkan siswa-siswi kelas V MI. Kurangnya kesadaran orang tua dan motivasi menyebabkan anak tidak tahu akan pentingnya belajar.
Peternakan dan pertanian adalah sumber mata pencaharian bagi mayoritas penduduk di Dusun Gunung Kunci. Namun, sayang kehidupan tersebut bisa menjadi penghalang bagi pendidikan mereka. Sebagian besar anak-anak di Gunung Kunci, setelah lulus Sekolah Dasar (SD), tidak melanjutkan pendidikan formal, karena harus membantu orang tua mereka di ladang atau mengurus ternak. Sebagian dari mereka yang melanjutkan ke jenjang lebih tinggi setelah tamat SD. Hal seperti ini menggerakkan nurani Fachrul dan teman-temannya untuk mendirikan “Gubuk Baca”. Menurut Mas Fachrul selaku pendiri, penggerak, dan ia mengabdi sebagai guru di MI Almarhamah Gunung Kunci Jabung, prihatin melihat kemampuan efektif dan kognitif dari siswa-siswinya. Gubuk Baca merupakan terobosan bagi masyarakat untuk mengatasi keterbatasan anak-anak Dusun Gunung Kunci, Jabung dalam memperoleh pendidikan. Adanya Gubuk Baca diharap mampu menggerakkan generasi muda lain untuk saling berbagi ilmu.
Materi yang diajarkan di Gubuk Baca beragam misalnya, membaca, berhitung, membuat origami materi yang disampaikan oleh Fachrul dkk. Awal berdirinya Gubuk Baca mempunyai anggota seratus lebih. Namun, yang dapat konsisten hadir tiap minggunya hanya berjumlah 25 orang. Sedikit peminat Gubuk Baca didasari pada asumsi orang tua yang masih mempekerjakan anaknya di sawah dan peternakan untuk menyambung hidup.
Sejak berdirinya komunitas Gubuk Baca sampai sekarang, Gubuk Baca sering mengadakan event untuk menampilkan bakat adik-adik. Event yang sudah dilaksanakan pada 14 September 2015 lalu, bertemakan “Kenduri Cinta Lentera Negeri”, acara pentas seni menampilkan kemampuan adik-adik Gubuk Baca ini, misalnya, pencak silat, tari, puisi, bernyanyi dihadapan orang tua. Tujuan acara tersebut, yakni untuk menyadarkan akan pentingnya memperhatikan minat belajar buah hatinya. “Bulan depan adik-adik juga akan mengikuti acara lagi dengan tema yang sama. Gubuk Baca ini tidak hanyak dibuka untuk masyarakat sekitar, melainkan untuk umum bagi yang ingin menyalurkan kemampuannya untuk adik-adik. Syaratnya hanya ikhlas dan sukarela lalu sabar,” ujar Noval salah satu anggota. Gubuk Baca tidak bisa menutup peluang dan membatasi orang untuk berbuat baik. (rez)




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...