Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

MENIKMATI PANORAMA DI COBAN TUNDO

Malang – Tempat wisata Air Terjun Coban Tundo terletak di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama Coban Tundo sendiri ialah sebutan yang diberikan oleh warga setempat. Air terjun ini belum diresmikan oleh pihak setempat maupun PEMKAB (Pemerintah Kabupaten) Malang. Harga tiket untuk pengunjung belum ditentukan, hanya membayar jasa penitipan kendaraan pada warga setempat seikhlasnya.
Perjalanan menuju Air Terjun Coban Tundo menempuh waktu sekitar 3-4 jam dari Malang Kota. Lamanya jalan yang ditempuh disebabkan akses jalan dari Desa Sumbermanjing kurang baik. Masuk ke daerah Sidoasri jalur menuju tempat wisata Coban Tundo melewati sawah kemudian hanya ada satu sisi jalan setapak, jalannya cukup untuk dilewati kendaraan roda dua atau pejalan kaki. Jalan bebatuan membuat perjalan ke Coban Tundo menjadi terhambat.
Menurut penduduk setempat, sarana dan prasarana masih dalam proses perbaikan guna untuk mempermudah wisatawan mengunjungi Coban Tundo. Kami mengusahakan tahun 2016 mendatang, para pengunjung dapat melalui jalan yang mudah ditempuh, ujar Sarman.
Banyak wisatawan yang mengabadikan moment indah di Coban Tundo itu dengan berfoto-foto. Baik hanya sekedar memfoto pemandangan sekitar, atau foto bersama-sama. Keindahan alam yang memesona sudah menjadi incaran para fotographer. Objek alam tebing, pepohonan dan aliran dari atas tebing kemudian mengalir ke dasaran sungai kecil menjadi panorama yang menarik. Kawasan yang indah dan bersih membuat air terjun Coban Tundo menjadi salah satu objek wisata baru para penikmat alam yang masih natural.
Air terjun ini memiliki 3 tingkatan yang menarik, namun air terjun yang sering dikunjungi dan dinikmati ialah air terjun ke-2. Air terjun Coban Tundo sendiri tidak banyak orang mengetahui keberadaannya. Melalui media sosial masih beberapa orang saja yang mengunjungi wisata Coban Tundo.

Air berwarna biru muda dikarenakan belum banyak orang yang mendatangi Coban Tundo. Dengan kedalaman sekitar ± 5 m para pengunjung dapat menyempatkan diri untuk berenang serta bersenang-senang untuk menikmati beningnya air terjun Coban Tundo. Hari Sabtu dan Minggu dan hari libur nasional banyak pengunjung yang berdatangan mulai sekitar pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Dominan pengunjung masih dari daerah Jawa Timur. (hst)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...