Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

10 TIPS MENJAGA KESEHATAN ALAT VITAL WANITA

Pratiwi Sudarsono
Mahasiswi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang
Pencegahan masalah kesehatan secara garis besar tidak memandang jenis kelamin, baik pria maupun wanita. Pada wanita, sejumlah penyakit kronis dapat terjadi karena disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat atau gen. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat kesehatan alat vital wanita agar terhindar dari berbagai penyakit.
1.      Bersihkan vagina dengan cara membasuh antara bibir vagina dengan cara hati-hati dan perlahan,
2.      Cara membasuh vagina yang benar
Cara membasuh vagina yang tepat adalah memulainya dari arah depan ke belakang. Jangan melakukan yang sebaliknya, karena bakteri yang berada di anus akan ikut terbawa masuk ke vagina.
3.      Gunakan pembersih yang tepat
Sangat disarankan untuk memilih pembersih yang tepat untuk daerah kesayangan anda. Menggunakan pembersih vagina tidak disarankan karena akan mengganggu keseimbangan normal di dalam vagina.
4.      Mengganti Celana Dalam
Gantilah celana dalam 2-3 hari sekali untuk menjaga kelembapan, bila perlu gunakan pentyliners untuk meminimalkan kelembapan daerah vital anda.
5.      Gunakan celana yang bersih dan berbahan kattun
Bila ingin menggunakan celana dalam waktu yang lama, gunakan celana yang bersih dan berbahan kattun 100%.
6.      Disarankan terlebih dahulu untuk mencuci tangan sebelum menyentuh alat vital anda.
7.      Jangan pernah menggunakan handuk orang lain untuk membersihkan alat vital anda, bila perlu bawalah tissue sendiri ketika anda sedang bepergian.
8.      Cukurlah rambut alat vital setiap 7 hari sekali atau maksimal 40 hari sekali untuk mengurangi kelembapan di daerah vital anda.
9.      Pada saat Haid gunakanlah pembalut yang nyaman, berbahan lembut, menyerap seluruh darah, melekat kuat pada celana, tidak bocor, dan tidak menimbulkan iritasi atau alergi. Menggunakan pembalut hingga 4-5 kali sehari dapat mengurangi pertumbuhan bakteri.
10.  Apabila menggunakan kloset duduk di tempat umum, bersihkan atau lap terlebih dahulu bibir kloset dengan tissue. Setelah selesai membersihkan alat vital anda, bersihkan kembali dengan tissue. (ags)




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...