Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

SATU-SATUNYA KAMPUS PEMBERI FASILITAS SPBU DI MALANG

Malang – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berdiri sejak tahun 1964 telah mengalami perubahan cukup signifikan. Pada hari Sabtu, 27 Oktober 2012 diresmikan sebuah prasarana baru UMM. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) baru berdiri di sebelah Barat Masjid Ar-Fachrudin UMM, tepatnya di sebelah kiri pintu keluar Barat kampus III UMM.
            Lokasi yang strategis  SPBU UMM memudahkan mahasiswa dalam membeli bahan bakar minyak. Selain itu, pendirian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum UMM merupakan salah satu upaya UMM dalam mengembangkan usaha untuk mendukung  financial selain biaya pendidikan dari mahasiswa. Pendirian SPBU ini dilatarbelakangi jumlah mahasiswa, dosen, dan karyawan UMM sangat banyak  membutuhkan bahan bakar. Selain sebagai usaha, SPBU UMM merupakan salah satu bentuk layanan bagi civitas akademik dan masyarakat umum dalam hal kemudahan penyediaan bahan bakar.
Pembangunan yang direncanakan pada bulan April 2012 ini mendapat sambutan baik dari berbagai pihak. Seperti mahasiswa, dosen, dan karyawan UMM tidak perlu jauh-jauh untuk mengisi bahan bakar kendaraan. Stasiun Pengisian Bahan Bakar UMM dibangun berdasarkan standar PT. Pertamina. Desain bangunan disesuaikan dengan karakter lingkungan sekitar yang disesuaikan dengan bangunan di lingkungan. Penyediaan premium di SPBU UMM ini setiap hari dengan menyediakan 600 liter. Tetapi, untuk hari Senin, Jumat, dan Sabtu menyediakan 24-25 kiloliter. Tidak jarang pada hari Senin selalu kekurangan stock bahan bakar, karena pada hari Minggu pengiriman diliburkan. Tidak mudah diremehkan, pendirian SPBU ini telah mengeluarkan modal awal tidak sedikit. Menurut pengawas SPBU UMM yakni Ali Fitri Wardhani, modal kampus untuk mendirikan SPBU ini tidak mengeluarkan sedikit biaya, biaya untuk mendirikan SPBU ini ditanggung oleh biro keuangan kampus. Selama tiga tahun ini belum kembali modal, mungkin dua tahun lagi baru kembali modal, karena memang usaha ini termasuk jangka panjang.

Stasiun Pengisian Bahan Bakar ini menyediakan beberapa jenis bahan bakar yang meliputi Biosolar, Premium, Pertamax, dan Pertamax +. Empat produk ini ditampung dalam tiga pulau pompa, dua untuk kendaraan besar dan satu untuk kendaraan sepeda motor. Stasiun Pengisian Bahan Bakar UMM menyediakan layanan tambahan. Misalnya, musholla, pompa angin, market, dan toilet umum. Stasiun Bahan Bakar UMM tidak melayani pembelian jurigen dikarenakan dari pihak PT. Pertamina tidak mengizinkan. SPBU didirikan untuk menunjang prasarana kampus ini dibuka 24 jam penuh. (bun/mee)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...