Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR DIRIKAN GEDUNG AMPLI TEATER GUNA PERTAHANKAN KEARIFAN LOKAL

Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar mendirikan Ampli Teater. Ampli Teater ini ialah gedung khusus sebagai penunjang mempertahankan kearifan lokal. Latar belakang pembangunan Gedung Ampli Teater sebagai alat untuk melestarikan budaya masyarakat Blitar, selain itu juga guna menumbuhkan kreativitas pemuda-pemudi di Blitar. Lokasi Gedung Ampli Teater terletak di kawasan Candi Penataran kecamatan Penataran Kabupaten Blitar.  

Gedung Ampli Teater Blitar saat ini masih dalam tahap pembangunan, pembangunan Gedung Ampli Teater dengan miniatur dibuat asli oleh seniman dari Blitar, salah satunya Bapak Santo (70) sebagai pengrajin miniature untuk gapura pada gedung. Desain pada gedung juga tidak lupa untuk menunjukkan identitas kota, yakni miniatur khas candi sebagai identitas Kota Blitar.  Gedung ini berkapasitas 1.500 orang. Teknis pelaksanaan pembangunan Gedung Ampli Teater ini atas inisiatif pemerintah Kabupaten Blitar yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Blitar dan dibiayai oleh APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Dana yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar tidak sedikit, dana mencapai sekitar 2,9 miliar. Pembangunan sudah dimulai sejak awal tahun 2014 dan diperkirakan akan selesai akhir tahun 2015, jadi gedung sudah bisa digunakan pada awal tahun 2016. Bangunan Ampli Teater ini didesain dengan beberapa fasilitas yang meliputi panggung, tribun, halaman, taman, kios, ruang persiapan, instalasi, dan gudang. Peyediaan fasilitas tersebut untuk membuat kenyamanan dan kepuasan masyarakat.
Indikator utama pembangunan Gedung Ampli Teater ini guna memfasilitasi masyarakat dalam upacara Purnama Seruling yang dilaksanakan 3 bulan sekali. Selama ini masyarakat melaksanakan upacara Purnama Seruling di alam terbuka, dan selama ini mengalami hambatan ketika lagi musim penghujan, akhirnya Pemerintah Kabupaten Blitar mendirikan Gedung Ampli Teater. Selain demikian, Gedung Ampli Teater juga disewakan untuk kebutuhan yang lain seperti acara pendidikan atau pertunjukkan yang lain, untuk menyewa Gedung Ampli Teater harus konfirmasi di Dinas Pariwisata Blitar.

Pemerintah Kabupaten Blitar memfasilitasi Gedung Ampli Teater karena ingin budaya selalu dilestarikan. Bapak Rahjasa Puji Asmanegara, S.T mengatakan, “Gedung Ampli Teater ini untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat Blitar, khususnya  kearifan lokal pada masyarakat Blitar, karena setiap 3 bulan sekali masyarakat Blitar mengadakan upacara Seruling Purnama. Jadi, yang melatarbelakangi pembangunan Gedung Ampli Teater ini sebagai pertahanan kearifal lokal, dan tujuannya sebagai wadah aktivitas kesenian yang ada di Blitar,” ungkap Manajer Proyek Pembangunan Gedung Ampli Blitar. (bun/mee)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...