Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

JAMBORE TEATER SEBAGAI SPIRIT KIDUNGAN DALAM TEATER JAWA TIMUR



Foto: Syahrir Mustafa
Surabaya—Kegiatan Jambore Teater Jawa Timur merupakan salah satu program Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT). Program ini berlangsung setahun sekali. Tahun ini merupakan kedua kalinya Jambore Teater dilaksanakan dengan tema besar “Spirit Kidungan dalam Teater Jawa Jimur. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dari 12 sampai 15 Oktober 2015 di Taman Budaya Jawa Timur Surabaya. Empat hari tersebut diisi dengan workshope keaktoran, penyutradaraan, manajemen produksi bersama Dindon WS, Cak Lupus, Tony Broer, Luhur Kayungga, dan Retno Sayekti Lawu.
Rangkaian acara dikemas dengan apik dan menarik. Dimulai dari hari pertama setelah workshop, dilanjutkan dengan pertunjukan lerok dengan lakon “Tonggo Tunggal Gedhek” yang disutradarai oleh Cak Lupus Arboyo. Hari kedua dilanjutkan dengan pertunjukan teater Mikro Tuban dengan lakon 45’2015 yang disutradarai oleh Wahyu Angga. Hari ketiga Jagongan seputar teater Jawa Timur bertajuk “Melanjutkan Eksistensi Teater Jawa Timur” dengan pembicara M. Sinwan (Malang), Rusdi Zaki (Sidoarjo), Eeng Mahendra (Sumenep), dan Cak Nasrullah (Jombang) yang dimoderatori oleh Autar Abdillah. Hari keempat adalah puncak dari rangkaian acara di mana hasil workshope dari pembicara-pembicara terbaik Jawa Timur dalam bidangnya dipertunjukan yang diaktori oleh peserta workshope Jawa Timur. Penutupan tersebut dimulai pukul 19.00 WIB berlangsung di gedung Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur Surabaya.
Menurut Farid Samlan, “kegiatan ini sudah dilaksanakan yang kedua kalinya. Pertama dilaksanakan di Pandaan dan ini yang kedua. Kegiatan ini merupakan program dari Dewan Kesenian Jawa Timur periode ini. Kami ingin ada sesuati yang beda dan berkemajuan, khususnya dalam bidang keteateran yang menjunjung tinggi nilai-nilai lokal.” Tegas ketua pelaksana Jambore Teater tersebut. Lanjut Farid dalam wawancara khusus dengan wartawan Cakrawala Post, “ini merupakan salah satu bentuk menyambung tali silaturahmi dengan teman-teman teater se-Jawa Timur. Selain itu juga, kami di DKJT ingin mengetahui perkembangan keteateran yang ada di Jawa Timur.”

Kegiatan Jambore Teater dengan tema besar “Spirit Kidungan Teater Jawa Timur tahun ini dikemas berbeda dengan tahun lalu di Pandaan. Tahun ini ada kompetisi Ludruk dan materi workshope lebih diperdalam dengan implementasi latihan dan pentas. Pertemuan besar ini melukiskan kearifan lokal dari setiap perwakilan teater Jawa Timur. Spirit kidungan pun benar-benar tergambar dalam alunan ilustrasi pentas. (shr)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...