Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

POTENSI BAHASA INDONESIA DI MASYARAKAT ASIA

Bahasa Indonesia akan menjadi bahasa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Asia di saat ASEAN nanti. Terbukti di setiap negara sudah ada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah maupun universitas, salah satunya di negara Thailand.
Ruslan Yusuf seorang alumni bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang asal Thailand dan kini menjadi dosen bahasa Indonesia di Universitas
Rajaphat Surat Thani, Thailand. Ruslan mengatakan, “Bahasa Indonesia sungguh penting bagi orang Thailand di masa kini, karena bahasa Indonesia merupakan bahasa yang paling banyak digunakan khususnya di Asia Tenggara”. Beberapa perguruan tinggi di Thailand telah membuka jurusan bahasa Indonesia. Pemerintah Thailand mengadakan banyak program pertukaran pelajar agar mahasiswa dapat belajar bahasa Indonesia langsung di negeri Indonesia. Selain itu, mahasiswa dapat belajar budaya dan memelajari cara hidup orang Indonesia dalam rangka AEC-MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Hal tersebut diberlakukan tahun 2015 ini, dengan tujuan para profesional atau lulusan perguruan tinggi di Thailand bisa bekerja di seluruh penjuru negara ASEAN.
Thailand menggunakan bahasa nasional yakni bahasa Thai, untuk berkomunikasi di negara Thailand saja, sedangkan bahasa Indonesia dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan beberapa negara, contohnya Malaysia, Indonesia, Brunai, dan Singapura, karena 4 negara tersebut menggunakan bahasa Melayu yang pada dasarnya adalah bahasa Indonesia. Selain pentingnya berbahasa Indonesia, negara yang subur, tempat wisata dan kekayaan alam yang  sangat luar biasa di Indonesia, menjadi peluang tersendiri untuk bekerja sekaligus menikmati alam di Indonesia yang sangat indah. Untuk itu, bahasa Indonesia bagi orang Thailand sangat penting sebagai kunci utama untuk dapat akrab dengan masyarakat Indonesia dan mengenal keindahan alamnya.
Mempelajari bahasa Indonesia tidak mudah bagi orang Thailand, karena ada beberapa huruf yang tidak bisa diucapkan orang Thailand contohnya huruf G, J, dan R. Namun mereka berusaha untuk memelajari Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu, karena di Indonesia ada berbagai suku, berbagai pulau dan mempunyai bahasa daerah yang sangat banyak, sehingga dengan adanya bahasa Indonesia dapat menyatukan masyarakat Indonesia. “Bagi saya bahasa adalah kunci segala ilmu, kaya bahasa kaya Ilmu” terang dosen muda tersebut.(rbh)
                                                                                                           


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...