Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

KULIAH SEMBARI BISNIS VIA ONLINE

Malang – Evy Muniati adalah mahasiswi Jurusan Pendidikan Matematika di Universitas Muhammadiyah Malang. Evi salah satu contoh yang menekuni bisnis via online. Produk yang diunggulkannya ialah “Tas Selempang Resleting” ini berbahan dasar resleting.
            Proses kreatif pembuatan Tas Selempang Resleting berawal dari oleh-oleh berkunjung di suatu toko dompet, Evy memiliki ide untuk membuat usahanya dengan modal yang tidak banyak. Ide kreatif yang muncul dalam pikiran Evy adalah kebutuhan tersier seorang wanita, wanita selalu menggunakan tas ke mana pun dia pergi. Hal itu yang membuat Evy untuk mulai berbisnis. “Awalnya saya membeli dompet di sebuah toko, saya melihat dompet unik yang berbahan dasar resleting, di situ saya berpikir, kebutuhan tersier kesukaan wanita ialah dompet dan tas, akhirnya saya coba untuk membuat tas yang berbahan resleting ini,” ujar mahasiswi asal Sulawesi Selatan itu.
            Hingga saat ini, Evy, pemilik usaha Tas Selempang Resleting, sekarang sudah berhasil menjual Tas Selempang Resletingnya ke luar Jawa. Evi memanfaatkan situs online di www. tokopedia.com atau bisa diakses pada http: www.tokopedia.com/evycollection. Evy mengakui bahwa berbisnis via online itu lebih praktis, alasannya tidak memakai biaya banyak dan lebih cepat untuk cari pelanggan. Evy memulai bisnisnya sejak tahun 2014 dengan modal Rp. 250.000, dan memeroleh keuntungan atau bisa disebut kembali modal sekitar Rp. 200.000. Harga Tas Selempang Resleting ini mulai dari Rp. 15.000  hingga Rp. 17.000 jika grosir, dan harga ecer  mulai Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000.
            Ada beberapa tips yang diberikan oleh pebisnis muda ini, tips yang diberikan dalam sebuah bisnis atau usaha, “selalu bersemangat dan teruslah berpikir secara kreatif. Dengan kreatif akan dapat memunculkan ide baru yang nantinya akan menguntungkn bagi diri sendiri, dan jangan lupa berusaha semaksimal mungkin, karena sukses berawal dari nol. Hal paling penting, selalu memerhatikan kepuasan pembeli dan menjaga kualitas produk. Setiap bisnis atau usaha akan mengalami kemudahan atau kesuksesan, maka dari itu jangan mudah untuk menyerah, lakukan yang terbaik dengan mengutamakan kualitas dan kepuasan pembeli,” ujarnya.

            Kuliah tidak menjadi halangan bagi siapa pun yang ingin berbisnis. Apalagi zaman sekarang apa pun serba mudah. Via online sangat membantu bisnis anda meskipun anda saat ini sangat sibuk. Tidak perlu khawatir lagi, banyak situs online yang memberikan jasa publikasi barang untuk dijual. Teruslah berkreatif selama masih mudah. (bun)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...