Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

AKRAB, DARI MALANG UNTUK BALI

Kota Malang merupakan salah satu kota persinggahan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Malang, di antaranya dari pulau Bali. Asosiasi Mahasiswa Krama Bali atau disingkat AKRAB berdiri pada tanggal 28 Juni 2008. Sebagai komunitas kemahasiswaan AKRAB memosisikan untuk selalu hadir dalam setiap kebutuhan mahasiswa Bali-Malang. AKRAB juga berusaha untuk selalu ikut andil dalam memajukan masyarakat Bali agar benar-benar terbebas dari ketimpangan pembangunan dan ketimpangan sosial.
Awal pembentukan AKRAB berlokasi di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah yaitu, Abdul Karim Abraham sebagai ketua umum AKRAB yang pertama (periode 2008-2009). Tujuan utama AKRAB ialah untuk mewadahi silahturahmi  dan juga sebagai pergerakan pemuda-pemudi Bali yang ada di Malang. Dasar dari komunitas ini ialah multikultural sebagai landasannya.
Komunitas ini beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan beralihnya kegiatan-kegiatan yang ada di AKRAB. Pada awalnya AKRAB banyak bergerak pada kegiatan sosial kemasyarakatan dan kebudayaan. Seiring berjalannya waktu AKRAB mengemas semua kegiatan itu dengan bentuk yang kreatif. Beberapa event yang pernah diselenggarakan oleh AKRAB antara lain AKRAB camp, diskusi hal terkait Bali, Sanggar Tari Bali, dan Sepak Bola. Event yang sudah dilaksanakan yaitu event Bedah Buku (2010), Seminar Dialog Kebudayaan (2012), Bedah Buku (2012), Balinese camp se-Jawa Timur (2013), Aksi Theatrikal Mengenai Isu Reklamasi Teluk Benoa Bali (2013).
Komunitas yang beranggotakan kurang lebih 50 mahasiswa ini berkumpul minimal satu kali dalam satu minggu di Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang. Adapun syarat dan ketentuan untuk menjadi anggota AKRAB yaitu status mahasiswa, ber-KTP Bali. Mereka beranggapan mahasiwa ber-KTP Bali wajib peduli dengan Bali.

AKRAB tengah mempersiapkan event-event  yang akan diselenggarakan sebagai agenda mereka. Bersama AKRAB para mahasiswa yang jauh dari kampung halamannya ini masih tetap dapat bersilaturahmi dan tetap dapat peduli dengan Pulau Dewata. (snd/rez)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...