Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

PESONA WISATA PANTAI PULAU MERAH

Banyuwangi - Pantai Pulau Merah yang terletak di Banyuwangi provinsi Jawa Timur mungkin masih terdengar asing bagi wisatawan domestik. Popularitasnya mungkin saja tidak terkenal seperti kawasan wisata kota lain. Akan tetapi, pantai unik ini begitu populer di kalangan masyarakat Banyuwangi, karena memiliki ciri khas lain yaitu adanya sebuah bukit setinggi 200 meter dan berwarna kemerahan yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Alasan inilah yang menyebabkan pantai ini dikenal sebagai Pantai Pulau Merah. Pengunjung dapat menaiki bukit tersebut pada saat air laut sedang surut. Selain itu, terdapat bebatuan karang yang berada di sekitar bukit kecil ini. Pantai ini disukai sebagai salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik, juga merupakan tempat favorit untuk menikmati senja dan angin khas pantai, berfoto, bermain pasir, berjemur, dan sebagainya. Pantai Pulau Merah juga memiliki hamparan pasir berwarna Putih agak kecoklatan mirip dengan Pantai Kuta di Bali. Tarif masuk ke lokasi pantai pengunjung cukup membayar biaya tiket masuk Pantai Pulau Merah sebesar Rp.5000,- per orang.
 Banyak turis mancanegara dan domestik yang mengunjungi Pantai Pulau Merah untuk tujuan berselancar. Ombak di Pulau Merah ini aman bagi peselancar pemula maupun amatir dengan ketinggian rata-rata ombak sekitar dua meter. “Ombak di Pulau Merah ini punya tipe ombak seperti Pantai Kuta, tapi sedikit lebih besar. Kalau di Pelengkung banyak karang tapi kalau disini banyak pasirnya, sehingga relatif lebih aman,” ujar Yanto salah satu peselancar asal Sanggar. Beberapa event selancar internasional pernah diselenggarakan di pantai ini. Pantai ini juga menjadi tujuan baru bagi para peselancar, baik peselancar lokal maupun mancanegara. Terlebih pada tanggal 24-26 Mei 2013 lalu diadakan kompetisi selancar bertaraf internasional pertama kalinya di pantai ini, “Red Island Banyuwangi International Surf Competition 2013.”
Selain selancar kawasan pantai ini juga ditunjang dengan fasilitas yang baik, di antaranya payung dan tempat berjemur yang disewakan oleh pihak pengelola dengan biaya sewa Rp. 20.000,- per jam. Tak jauh dari pantai terdapat sejumlah hotel atau home stay serta fasilitas akomodasi. Banyak juga penjual makanan, baju renang, topi pantai, dan pernak pernik pantai lainnya di kawasan ini.
 Di kala hari petang, pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunset atau matahari tenggelam di Pantai Pulau Merah. Pesona sunset di pantai ini terbilang indah. Area sekitar pantai juga bersih dengan tekstur pasirnya yang halus. Bagi para pengunjung yang ingin datang ke Pulau Merah dapat menempuh jarak sekitar 80 km menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dari pusat kota dengan kisaran waktu 2,5 jam. Di sepanjang perjalanan, tersedia rambu-rambu penunjuk yang akan mengarahkan pengunjung menuju kawasan wisata Pantai Pulau Merah ini. (dio/ndr)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...