Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

SEHAT DENGAN PENGOBATAN HERBAL DI RUMAH SEHAT AMANAH

Malang – Ibu Wati Ensusi atau biasa dipanggil Ibu Een adalah salah satu yang memiliki klinik dengan pengobatan herbal, nama klinik ibu Een ini ialah Rumah Sehat Amanah. Alamat rumah lengkapnya di Tasik Madu, no 57 Rt 3 Rw 2 Jl. Bulutangkis, orang biasa mengenalnya dengan Desa Kasur. Sedangkan alamat klinik Rumah Sehat Amanah di jl. Candi Panggung Barat 27E belakang penggadaian Jetis. Berdirinya klinik sudah hampir dua tahun. Rumah
Sehat Amanah ini terkenal dengan praktik Bekamnya salah satu pengobatan alternatif yang ada di Rumah Sehat Amanah. “Metode yang digunakan lebih ke ahli jammah, dalam klinik ini mengikuti sunnah rosul dengan ahli jammah dengan berbekam itu yang paling utama,” ujar bu Een. Dalam klinik Rumah Sehat Amanah juga menawarkan berbagai macam pengobatan antara lain Bekam itu sendiri, Gurah, Refleksi, Pijat Badan, Pijat Bayi, Pelangsingan dengan metode akupuntur, dan Thai Yo.
Klinik Rumah Sehat Amanah menggunakan obat-obatan herbal, sama sekali tidak menggunakan bahan kimia, semua pengobatan menggunakan obat-obatan herbal karena tetap mengikuti pada sunnah rasul. Obat-obatan herbal yang utama seperti madu, habatsauda, dll. Bekam di sini sudah memiliki standar medis, bukan bekam illegal. Rumah Sehat Amanah tergabung dalam ABI( Asosiasi Bekam Indonesia), jadi Rumah Sehat Amanah ini juga diawasi oleh dokter-dokter di willayah lain atau dalam kota. Salah  satu pengawas ABI Jatim (Asosiasi Bekam Indonesia) yakni dokter Prita, yang berdinas di RS Permata Bunda sebagai dokter kandungan mengatakan “Jadi pengobatan di tempat ini sudah standar medis, di dalam tempat bekam ini sudah memiliki alat sendiri yang sterilisasi kemudian minyak-minyak yang digunakan untuk praktik pun menggunakan minyak herbal mulai dari minyak Tawon, minyak Zaitun, dan anti septiknya menggunakan minyak Habatsauda, kalau di tempat medis menggunakan Betadin, tetapi di tempat Bekam ini menggunakan minyak herbal yaitu habatsauda”.
“Untuk mendapatkan hasil yang baik, seperti pasien khusus, contohnya dia memiliki penyakit khusus antara lain Diabet, Asma atau Hepatitis dianjurkan seminggu sekali pasien kembali untuk melakukan terapi, ketika pasien sudah ada perubahan dianjurkan untuk kembali lagi, tetapi dengan rentang waktu selama 1 bulan untuk menjaga tubuhnya, 1 minggu atau 2 minggu sekali dianjurkan rutin berobat setelah ada perubahan, untuk kesembuhan dianjurkan 1 bulan kembali lagi untuk menjaga tubuhnya agar bisa sembuh,” ujar bu Een
          Di klinik ini bu Een memaparkan ia memiliki pasien yang terkena Hepatitis, dan itu salah satu penyakit menular, jadi di tempat ini menerima penyakit yang sekiranya menular tetapi dalam penanganannya berbeda dengan pasien yang lain. Contoh Hepatitis, TBC adalah salah satu penyakit menular, meskipun demikian pasien tetap diterima di klinik, tetapi dengan syarat menggunakan peralatan khusus milik sendiri, jadi pasien kalau tidak memiliki alat terapi dianjurkan untuk membeli. Di klinik ini juga menyediakan peralatan lengkap, jadi harus membeli dikarenakan agar tidak tercampur dengan alat yang digunakan di tempat terapi tersebut. Rumah Sehat Amana selalu mengutamakan kenyamanan pasiennya agar tidak ada penyakit menular dan di klinik ini juga tidak ingin merugikan pasien lain atau membahayakan pasien lain. seperti penyakit yang biasa-biasa tetapi alat juga tetap diutamakan di tempat terapi ini dalam keadaan seteril. Tetapi untuk penyakit khusus, atau penyakit menular harus memiliki alat sendiri, jika tidak punya di klinik ini menyediakan alatnya untuk dibeli.
Bagi pasien yang hanya menjaga kesehatan dengan melakukan terapi bekam diharapkan 1 bulan sekali itu minimal melakukan Bekam, paling lama 3 bulan sekali itu harapannya bisa melakukan Bekam kembali karena itu untuk menjaga. Kelebihan dalam Rumah Sehat Amanah ini adalah sudah memiliki standar medis karena klinik ini baru beberapa tahun, jadi sebelum mengenal ABI (Asosiasi Bekam Indonesia) klinik ini melakukan praktik sendiri belum tergabung dengan ABI , maksudnya praktik sendiri melakukan sendiri tanpa ada pengawasan, padahal dalam standar medis Bekam itu sama halnya dengan melakukan operasi kecil, kaitannya berhubungan dengan darah kotor yang sangat berbahaya. Sebenarnya dari sisi sebagai terapis kita harus mengutamakan sterilisasi. Kemudian sebagai terapis kita tidak menggunakan masker, sarung tangan, baju pelindung serta kaca mata agar tidak terkena kontak langsung dengan percakan darah, tetapi  setelah mengikuti ABI banyak yang diperbaiki dari klinik ini, salah satunya setelah mengikuti ABI perubahannya di klinik ini alat-alatnya harus steril, pengaman untuk kita sebagai para terapis, kemudian tempat yang harus khusus dan harus steril.

Tarif yang ditawarkan juga terjangkau untuk semua kalangan. Pasokan obat herbal dikirim langsung dari Jakarta dan kota Batu kabupaten Malang.  Buka klinik ini setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 8.00-17.00 WIB. Di tempat klinik ini juga menerima Bekam di luar jam bukanya, tetapi ada biaya tambahan untuk melakukan terapi Bekam di luar jam tersebut. Kekurangan di klinik ini yaitu susah mencari terapis wanita, jadi di tempat ini kekurangan terapis wanita. Hanya ada terapis laki-laki saja, karena pasien perempuan harus ditangani oleh terapis perempuan dan yang laki-laki harus ditangani terapis laki-laki sesuai dengan sunnah karena berpegangan pada prinsip sebelumnya. (dev)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...