Daftar Berita

CakrawalaPost Versi cetak

08 December 2015

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN PAYUDARA

Menjaga kesehatan sangatlah penting bagi semua manusia, tidak terkecuali oleh para kaum Hawa terutama dalam menjaga kesehatan payudara, banyak orang beranggapan payudara hanya dipakai bra atau BH. Pemikiran orang bahwa tidak akan terjadi apa-apa dengan payudara, dan pemikiran orang kebanyakan penyakit umum yang banyak diderita ialah sakit kepala, sakit pinggang dll. Kini pemikiran tersebut harus dihapus dan dibuang jauh-jauh oleh masyarakat terutama kaum wanita, Banyak sekali hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga payudara. Bicara masalah kesehatan
payudara, kanker terbanyak pertama di dunia ialah KANKER PAYUDARA. Dimana usia 20-30 tahun tergolong jinak dan umur 35 ke atas tergolong ganas. Menurut mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM),  Muhammad Taufan Iskandar mengatakan bahwa banyak hal yang harus dicegah atau dideteksi awal yaitu dengan cara SARARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri). Hal  ini dilakukan kisaran hari pertama  sampai hari ketiga menstruasi, pemeriksaan ini bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke dokter dengan cara :
1.      Silakan teman-teman wanita berkaca di depan cermin dengan cara menyerongkan setengah badan, silakan dilihat ada benjolan atau cairan yang keluar di puting susu.
2.      Apakah ada tanda radang, seperti  tanda merah, atau gatal dan nyeri.
3.      Setelah itu dilihat kesimetrisan payudara normalnya yang kanan lebih rendah daripada kiri.
Data tersebut ialah data awal di mana data awal pemeriksaan dini, tahap selanjutnya ialah dengan cara PALPASI (Perabaaan Payudara Sendiri), hal ini dilakukan dengan cara periksa secara bergantian antara payudara sebelah kanan dan kiri sebagai berikut.
1.      Silakan tangan kanan diangkat ke atas dan tangan kiri meraba payudara sebelah kanan dengan cara 3 jari kiri melingkar ke daerah putting susu, dari tengah ke tepi payudara.
2.      Atau gerakan silkuler, jika ada benjolan, wajib mencatat panjang benjolan, tinggi benjolan, lalu silakan pegang benjolan bisa digerakkan atau tidak.
3.      Jika benjolan tidak bisa digerakkan, silakan segera periksakan ke dokter.
 Kesehatan kita ada di tangan kita sendiri dan sehat kita juga yang menentukan. Maka dari itu, sekarang mari jaga kesehatan dan hidup sehat dimulai dari diri kita sendiri. Tips di atas sudah cukup untuk memberikan informasi bagi para wanita bagaimana pentingnya menjaga kesehatan payudara. Mahasiswa kedokteran ini mengatakan bahwa seringlah untuk cek kesehatan anda, karena sehat itu mahal, jangan sampai ketika kita sakit baru kita bertindak. Bertindak mencegah adalah cara awal untuk menanggulangi penyakit dan cara untuk agar kita hidup sehat untuk ke depan. (lmb)






No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...